04 November 2018

Beberapa Hal Yang Perlu Diperhatikan Sebagai Pembawa Acara atau MC (Master Of Ceremoney)

Pembawa Acara atau MC (Master Of Ceremoney)
Dalam setiap acara atau sebuah kegiatan, terutama kegiatan yang bersifat resmi, tentunya diawali dengan adanya sebuah susunan acara yang dirancang dengan baik. Susunan acara telah tersusun dengan baik, namun harus disampaikan dengan baik pula, yaitu tentunya harus disampaikan oleh seorang MC (Master Of Ceremoney) atau seorang pembawa acara yang baik pula.

Apabila, anda kebetulan sebagai MC atau sebagai pembawa acara dalam kegiatan tersebut, anda harus memperhatikan beberapa hal sebagai pembawa acara. Beberapa hal tersebut antara lain :

  1. Suara/Vokal. Suara atau vokal ini penting sekali yang harus diperhatikan. Suara harus jelas, mudah dipahami.
  2. Irama/Intonasi. Intonasi atau irama sebagai MC/pembawa acara harus tepat. Luwes dan Tidak kaku, tidak terlalu halus (lebay, jangan terlalu cepat dan terlalu lambat.
  3. Pengetahuan tentang Acara Tersebut. Seorang MC/Pembawa acara harus memiliki pengetahuan yang cukup tentang acara yang dibawakannya, sehingga dia dalam menyampaikan bahasa sebagai Mc bisa tepat, apalagi kalau mengucapkan sebuah dalil yang sesuai dengan cara tersebut.
  4. Sikap yang baik. Tatakrama. mimik yang baik (jangan kelihatan nerves), berdiri tegap dan gerakan yang sesuai (jika diperlukan), jangan gerak yang berlebihan.
  5. Komunikatif. Maksudnya adalah berbicara dengan runtut, tidak tersendat-sendat sehingga enak didengar oleh para hadirin.
Itulah beberapa hal yang harus diperhatikan ketika menjadi seorang MC/Pembawa acara, sehingga dalam berpenampilan dapat maksimal dan profesional.

No comments:

Post a Comment

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *