26 February 2020

Kepribadian Utsman bin Affan Yang Patut Kita Tiru

Kepribadian Utsman bin Affan Yang Patut Kita Tiru

Kepribadian Utsman bin Affan

Khalifah Utsman bin affan mempunyai kepribadian yang mulia yang dapat kita contoh dalam kehidupan sehari-hari. Adapun kepribadian Utsman bin Affan antara lain :

1. Kerendahan Hati (Tawadhu')

Khlaifah Utsman bin Affan mempunyai sifat rendah hati. Sifat ini muncul dari keikhlasannya kepada Allah SWT. Abdullah Ar-Rumi mengatakan , "Utsman bin Affan mengambil sendiri air wudlunya apabila ia melakukan shalat malam." Dikatakan kepadanya, "Jika kamu memerintahkan pembantumu, maka ia akan mencukupimu." Utsman menjawab,"Tidak, malam hari adalah hak mereka untuk beristirahat." Hal ini menunjukkan sifat rendah hati Utsman bin Affan, meskipun tingkat sosialnya tinggi, ia tetap melayani dirinya sendiri pada malam hari dan tidak membangunkan pelayan. 

Contoh lain adalah sikap tawadhu'nya kepada paman Nabi Muhammad SAW Al-Abbas Ra. Khalifah Utsman bin Affan turun dari kendaraannya apabila ia melewatinya. Ia melakukannya hingga Al-Abbas tidak terlihat. Hal ini demi menghargai dan menghormati paman Nabi Muhammad SAW.

2. Kedermawanan

Khalifah Utsman bin affan termasuk sosok yang sangat dermawan. Contohnya : pada waktu perang Tabuk, Utsman bin Affan mengeluarkan biaya yang amat besar, yaitu membeli sumur Ruma dan menyedekahkan untuk kaum muslimin, membiayai perluasan MAsjid Nabawi pada masa RAsulullah SAW, masih  hidup, menyedekahkan barang-barang dagangan yang dibawa kafilah kepada kaum muslimin, padahal para pedagang sudah siap membelinya, memerdekakan satu budak setiap jum'at sehingga budak yang dimerdekakan sebanyak 2400 budak. Sesungguhnya kedermawanan Utsman bin Affan merupakan sifat asli yang melekat dalam dirinya. IA telah menggunakan harta bendanya untuk melayani agama Allah.

3. Malu dan menjaga kehormatan diri

Sifat ini begitu indah bagi orang yang memilikinya. Ia dapat menjadi kebaikan, keberkahan, kelembutan, dan kasih sayang. Al-Hasan Al-Bashri pernah bercerita tentang Utsman bin Affan, " Sesungguhnya Utsman bin Affan berada dalam rumah dan pintu tertutup. Namun, Ia tidak pernah melepas pakaiannya untuk mandi. Ia melakukan hal ini karena rasa malu yang besar. Selain Utsman tidak pernah mengucapkan kata-kata bathil, tidak pernah menyentuh kemaluan dengan tangan kanan sejak digunakan untuk membaiat Rasulullah SAW. Ia tidak pernah minum khamr pada zaman jahiliyah maupun zaman islam.

4. Pemaaf

Keprbadian Utsman bin Affan yang lain adalah pemaaf. Imran bin Abdillah bin Thlhah meriwayatkan bahwa Utsman bin Affan keluar untuk melaksanakan shalat subuh. Kemudian Utsman masuk melaui pintu yang sama. Tiba-tiba pintunya tertutup, Utsman berkata, "Periksalah ! Ternyata distu ada seorang laki-laki yang membawa pedang yang ingin membunuh dengan alasan karena seseorang tersebut di dzalimi oleh pejabat dari Utsman bin Affan, Namun laki-laki tersebut dibebaskan oleh Utsman pada hal jelas-jelas ingin membunuhnya. Dari kisah ini dapat diketahui bahwa meskipun ada orang yang akan mencelakainya, sebagai pemimpin Ia memaafkan orang tersebut.

5. Ahli Ibadah

Khalifah Utsman bin Affan termasuk orang-orang yang sungguh-sungguh dalam beribadah. BAnyak riwayat yang menyebutkan bahwa ia mengkhatamkan Al-qur'an dalam satu raka'at disisi Hajar Aswad pada musim haji dan ini sudah menjadi kebiasaannya. BAhkan dalam firman Allah SWT, Surat Az-Zumar (39) : ayat 9 disebutkan, yang Artinya :
"(Apakah kamu orang musyrik yang lebih beruntung) ataukah orang yang beribadah pada waktu malam dengan sujud dan berdiri, karena takut kepada (azab) akhirat dan mengharapkan Rahmat Tuhannya ? Katakanlah, "Apakah sama orang-orang yang mengetahui dengan orang-orang yang tidak mengetahui ?" Sebenarnya hanya orang yang berakal sehat yang dapat menerima pelajaran (QS. Az- Zumar (39) : 9)

Dari ayat tersebut, Ibnu Abbas mengatakan, "yang dimaksud dalam ayat tersebut adalah Utsman bin affan." Selain itu Ia juga mempunyai kebiasaan mebaca Al-qur'an dari awalnya pada malam jum'at dan mengkhatamkan malam Kamis. Tidak hanya itu, Utsman juga melakukan puasa terus menerus dan melakukan shalat malam kecuali waktu awal malam yang ia gunakan untuk tidur.

No comments:

Post a Comment

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *