27 November 2018

Puasa Rajab dan Niat Puasa Bulan Rajab Serta Keutamaannya

Bulan Rajab merupakan salah satu bulan yang dimuliakan oelh Allah. Bulan Rajab dalam agama islam dianjurkan sebagai hal penting bagi ummatnya untuk memperbanyak amalan Sholih, termasuk diantaranya adalah puasa Rajab. Berpuasa di bulan Rajab memiliki kutamaan  lebih yaitu akan diberi balasan pahala besar bagi siapa saja yang mau melaksanakan mulai dari hari awal datangnya bulan rajab.

Puasa Rajab dan Niat Puasa Bulan Rajab Serta Keutamaannya

Bulan Rajab merupakan bulan yang ke tujuh dalam hitungan bulan sebelum bulan sya'ban. Bagi umat islam dianjurkan untuk memperbanyak amalan ibadah dan amal sholih dalam builan ini. Termasuk amal ibadah adalah berpuasa yang pahalanya akan dilipatgandakan. Maka sangatlah beruntung bagi orang yang bersedia berpuasa di bulan ini. Puasa di Bulan Rajab ini adalah salah satu ibadah yang selalu dilaksanakan oleh Rasulullah SAW. Melaksanakan pusa di bulan rajab ini tentunya merupakan ibadah yang dianjurkan oleh agama dengan bersumber dari banyak dalil hadits. 

Mengenai kaifiyah atau tata cara puasa sunnah di bulan Rajab ini sama dengan puasa lainnya. Yang membedakan terletak pada niatnya. Karena pada dasarnya semua puasa adalah sama baik itu puasa wajib maupun puasa sunnah.

Berikut adalah Niat Puasa Rajab

نَوَيْتُ صَوْمَ غَد في  شَهْر رَمَضَانَ سُنٌَةً لِلٌَهِ تَعَالَى

Nawaitu Shouma Ghodin Fi Syahri Rojaba Sunnatan Lillahi Ta'ala

Artinya : Saya Niat puasa diesok hari di bulan Rajab Sunnah Karena Allah Ta'ala

Demikian tentang Puasa Raja dan niatnya beserta terjemahnya, semoga informasi ini dapat bermanfaat dan mudah mudahan kita semua dapat melaksanakan puasa di bulan Rajab ini dan mendapatkan keutamaan dari bulan Rajab ini. Disamping itu bagi perempuan yang pada bulan Ramadlan memiliki tanggungan atau hutang puasa Ramadlan dapat dijadikan kesempatan untuk mengqadla puasa Ramadlan yang ditinggalkan, mungkin karena haid atau halangan yang lain.

No comments:

Post a Comment

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *