25 December 2020

Bacaan Sholawat Ruhil Arwah, Ingin Bertemu Nabi Muhammad SAW

Bacaan Sholawat Ruhil Arwah

Membaca sholawat atas Nabi Muhammad SAW merupakan perintah agama yang termaktub dalam Al-Qur'an, surat Al Ahzab ayat 56 :
Yang artinya : "Sesunnguhnya Allah dan para malaikat-Nya selalu membaca shalawat kepada Nabi. Wahai orang-orang yang beriman bershalawatlah kalian kepadanya dan bersalamlah dengan sebenar-benarnya salam". (QS. Al-Ahzab : 56)

Dalil Al-Qur'an di atas menunjukkan setiap orang orang islam dianjurkan untuk selalu memperbanyak membaca shalawat atas Nabi Muhammad SAW. Diantara shalawat adalah bacaan shalawat Ruhul Arwah.

اَللهُمَّ صَلِّ عَلَى رُوْحِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ فِى الْاَرْوَاحِ وَعَلَى جَسَدِهِ فِى الْاَجْسَادِ وَعَلَى قَبْرِهِ فِى الْقُبُوْرِ اَللهُمَّ اَبْلِغْ رُوْحَ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ مِنِّيْ تَحِيَّةً وَسَلاَمًا

Allohumma sholli 'ala sayyidina Muhammadin fil arwahi wa 'ala jasadihi fil ajsadi wa 'ala qobrihi fil quburi. Allahumma abligh ruha sayyidina Muhammadin minni tahiyatan wa salaman.

Artinya : "Ya Allah, limpahkanlah rahmat kepada ruh junjungan kami Nabi Muhammad SAW dalam setiap ruh, kepada jasadnya di alam kubur. Ya Allah sampaikan kepada ruh junjungan kami Nabi Muhammad SAW dariku penghormatan dan salam".

Shalawat Ruhul Arwah, disebutkan dalam kitab Sa'adatud Darain fi Al- Shalati'ala Sayyid Al-Kaunain, oleh Syaikh Yusuf bin Isma'il Al Nabhani, Shalawat ini dianjurkan  untuk di baca sebelum tidur dengan harapan bertemu Rasulullah SAW dan mendapatkan Syafa'at-Nya.

Baca Juga : Bacaan Shalawat Ibrahimiyah, Arab dan Artinya

Imam Al-Sya'rani juga menuturkan bahwa Nabi SAW telah bersabda : "Barang siapa yang mengucapkan shalawat atasku dengan cara yang dikemukakan dalam shalawat ini, ia akan melihatku di alam mimpi. Barang siapa yang melihat-Ku dialam mimpinya, ia akan melihat-Ku di hari kiamat. Barang siapa yang melihat-Ku di hari kiamat, Aku akan memberinya syafa'at. Barang siapa yang kau beri syafa'at, niscaya ia kan minum dari telaga-Ku dan di haramkan jasadnya oleh Allah dari neraka".

Demikian sedikit tentang shalawat ruhul Arwah, semoga kita semua bisa mengamalkannya. Amin.
Wallahu A'lam.

1 comment:

  1. Ustadz ane minta ijazah nya ya .

    Qobiltu

    ReplyDelete

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *