01 February 2020

Inilah Dua Nikmat Yang Sering Terlupakan Oleh Mamusia

Inilah Dua Nikmat Yang Sering Terlupakan Oleh Mamusia

Dua Nikmat Yang sering Terlupakan Oleh Manusia

Berbicara tentang nikmat Allah SWT yang telah diberikan kepada manusia sangatlah banyak. Kerana begitu banyaknya nikmat Allah yang telah diberika kepada manusia, manusia dipastikan tidak dapat menghitunya. Mengenai hal ini Allah sendiri sudah berfirman dalam Al Qur'an An Nahl ayat 18.

وَاِنْ تَعُوْا نِعْمَةَ اللهِ لاَ تُحْصُوْاهَا اِنَّ اللهَ لَغَفُوْرٌ رَّحِيْمٌ 

Artinya : "Dan jika kamu menghitung - hitung nikmat Allah, niscaya kamu tidak dapat menghitung jumlahnya. Sesungguhnya Allah benar-benar Maha Pengampun lagi Maha Penyayang" (Q.S. An-Nahl : 18)

Dari penjelasan ayat diatas mungkin pertanyaan pada diri kita. Apakah nikmat yang sering terlupakan oleh manusia tersebut. Nikamat itu adalah nikmat Sehat dan Waktu luang (sempat). Dua nikmat inilah yang sering manusia lupa. Hal ini pernah disabdakan oleh Rasulullah SAW sebagai berikut :

عَنابْنِ عَبَّاسٍ رَضِيَ اللهُ عَنْهُمَا قَالَ قَالَ النَّبِيُّ صلى الله عليه وسلّم نِعْمَتَانِ مَغْبُوْنٌ فِيْهِمَا كَثِيْرٌ مِنَ النَّاسِ الًّصِّحَّةُ وَالْفَرَاغُ 

Dari Ibnu Abbas , dia berkata : Nabi Muhammad Sallallahu 'alaihi wa sallam bersabda : "Dua keni'matan kebanyakan manusia tertipu pada keduanya, yatu Kesehatan dan waktu luang (HR. Bukhari, no. 5933)

Dari penjelasan hadits diatas ini perlu kita perhatikan bahwa kedua nikmat ini harus kita manfaat dengan sebaik-baiknya. tentunya untuk melakukan hal-hal yang baik menurut syari'at agama islam. Sehingga dari hal yang kita lakukan tentaunya kita berharap mendapatkan Ridlo dari Allah SWT.

Umar bin Khattab berkata : "Aku tidak suka melihat seseorang yang berjalan seenaknya tanpa mengindahkan ini dan itu, yaitu tidak peduli penghidupan dunaianya dan tidak pula sibuk dengan urusan akhiratnya".

Ibnu Mas'ud juga mengatakan : "Aku sangat membenci orang yang menganggur, yaitu tidak punya amalan untuk penghidupan dunianya  ataupun akhiratanya".

Demikian tentang Dua nikmat yag sering terlupakan oleh manusia, semoga dapat menjadi koreksi bagi kita semua.


No comments:

Post a Comment

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *