26 February 2020

Riwayat SIngkat dan Silsilah Usman bin Affan

Riwayat SIngkat dan Silsilah Usman bin Affan

Riwayat Singkat Utsman bin Affan

Nama lengkap Ustman bin Affan adalah Utsman bin Affan bin Abu Al-'Ash bin Umayyah bin Abdi Syams bin Abdi Manaf bin Qushay bin Kilab. Beliau lahir di kota Makkah enam tahun sesudah terjadinya peristiwa 'Am Al Fill (Tahun Gajah). NAsabnya bertemu RAsulullah SAW pada Abdi Manaf. Sedangkan ibunya bernama Arwa binti Kuraiz bin Rabi'ah bin Habib bin Abd Syams bin Abdi Manaf bin Qusyay. NAma ibu Arwa (Nenek Utsman bin Affan dari jalur ibu) adalah Ummu Hukaim Al- Baidha binti Abdul Muthalib, saudara perempuan sekandung Abdullah bin Abdul Muthalib, Ayah Rasulullah SAW. 

Khalifah Utsman bin Affan termasuk manusia terkemuka dikabilahnya, ia terkenal dermawan, pemalu, halus tutur bahasanya, dicintai dan sangat di hormati kaumnya. Utsman bin Affan sama sekali belum pernah bersujud kepada berhala dan tidak pernah malkukan perbuatan keji. Sebelum beragama islam, ia tidak pernah meminum khamr ataupun minuman keras yang lainnya. Utsman bin Affan masuk islam pada usia 34 tahun, Pada saat itu ia diajak oleh Abu Bakar As Shidiq. Ia termasuk golongan Assabiqunal Awwalun (orang-orang yang terdahulu lagi pertama-tama yang memeluk islam).

Utsman bin Affan mendapat gelar Dzunnurain (pemilik dua cahaya). Maksudnya, ia menikah dengan dua putri RAsulullah SAW, yaitu pertama Ruqayyah binti Rasulullah SAW. Pada saat kaum muslimin bersiap-siap keluar untuk perang badar, Ruqayyah sakit dan meninggal dunia. Kemudian RAsulullah menikahkan Utsman dengan putrinya, Ummu Kultsum binti RAsululah SAW. Kemudian ada juga Ulama menjelaskan maksud Dzunnurain yaitu satu nur (cahaya) diperoleh dari membaca Al-Qur'an, satu nur (cahaya) lainnya dari melaksanakan shalat malam. Utsman bin Affan meninggal dunia pada hari jum'at tanggal 18 Dzulhijjah tahun 35 H.

No comments:

Post a Comment

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *