31 March 2020

Doa Untuk Momohon Kebaikan Dunia dan Akhirat (Doa Sapu Jagad)

Berdoa adalah merupaka amaliyah yang termasuk diperintahkan oleh agama. Diantara doa yang diperintahkan adalah do'a memohon kebaikan dunia dan akhirat atau doa sapu jagad. Doa ini termasuk doa yang paling sering dibaca oleh Rasulullah SAW. Oleh karena itu doa ini banyak dibaca oleh kaum muslimin ketika berdoa, yaitu dalam semua doa diakhir doa biasanya membaca do'a sapu jagad. Lafal do'a sapu jagad adalah sebagai berikut :

Doa Untuk Momohon Kebaikan Dunia dan Akhirat

رَبَّنَا أَتِنَا فِى الدُّنْيَا حَسَنَةً وَّفِى الأَخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ

ROBBANAA AATINAA FID DUN-YAA HASANAH, WA FIL AAKHIROTI HASANAH, WA QINA 'ADZAABAN NAAR

Artinya : "Ya Allah, berikan kepada kami kebaikan di dunia dan berikan pula kebaikan di akhirat, dan lindungilah kami dari siksa neraka"

Mengenai lafal Doa sapu jagat ini merupakan doa yang diambil dari salah satu ayat Al Qur'an surat Al Baqarah ayat 201, yaitu :

وَمِنْهُمْ مَّنْ يَقُوْلُ رَبَّنَا أَتِنَا فِى الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِى الْاَخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ

Artinya : Dan diantara mereka ada orang yang berdoa : "Ya Tuhan kami, berilah kami kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat, Lindungilah kami dari siksa neraka." (QS. Al Baqarah : 201)

Doa ini juga dikutip dari hadits Nabi Muhammad SAW dari kesaksian para sahabat, dirwayatkan dari Sahabat Anas Radliyallahu Anhu :

عن انس قَالَ كَانَ اَكْثَرُ دُعَاء النّبِي صلى الله عَلَيْهِ وَسلم اَللَّهُمَّ رَبَّنَا اَتِنَا فِى الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِى الْاََخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ

Aretinya : "Dari Anas, ia berkata : kebanyakan doa yang dibaca Rasulullah SAW adalah :Allahumma Robbanaa Aatina Fid Dunyaa Hasanah Wa fil Aakhiroti hasanah Wa qinaa 'adzaaban Naar"

Demikian tentang doa memohon kebaikan dunia dan akhirat (doa sapu jagad), semoga bermanfaat bagi semuanya.


No comments:

Post a Comment

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *