23 November 2021

Bacaan Sholawat Ibrahimiyah dan Artinya

Bacaan Sholawat Ibrahimiyah dan Artinya

Sholawat Ibrahimiyah - adalah sholawat yang sering dibaca oleh kaum muslimin ketika melaksanakan sholat, baik sholat wajib laima waktu maupun sholat sunnah. Karena membaca sholawat merupakan salah satu rukun dari sholat. 

Imam Nawawi berkata bahwa sholawat ini dinamakan sholawat Ibrahimiyah karena sholawat ini merupakan bentuk sholawat yang paling utama, banyak membawa berkah dan membawa pengaruh kepada yang membacanya apabila dibaca secara istiqomah. Terutama bagi yang berkeinginan menunaikan ibadah haji, maka perbanyaklah membaca sholawat ini.

Adapun teks bacaan sholawat Ibrahimiyah : 

اَللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى مُحََمَّدٍ وَعَلَى  اَلِ مُحَمَّدٍ كَمَا صَلَّيْتَ عَلَى اِبْرَهِيْمَ وَعلَى اَلِ اِبْرَهِيْمَ  وَبَارِكْ عَلَى مُحَمَّدٍ وَعَلَى اَلِ مُحَمَّدٍ كَمَا بَرَكْتَ عَلَى اِبْرَهِيْمَ وَعَلَى اَلِ اِبْرَهِيْمَ فِي الْعَالَمِيْنَ اِنَّكَ حَمِيْدٌ مَّجِيْدٌ

Artinya : "YA Allah, Wahai Tuhanku muliakankanlah oleh-Mu akan Muhammad dan keluargaNya sebagaimana Engkau memuliakan keluarga Ibrahim dan keluarga Ibrahim, dan berilah berkah olehmu kepada Muhammad dan keluargaNya sebagaimana Engkau memberkahi keluarga Ibrahim dan keluarga Ibrahim , bahwasannya Engkau sangat terpuji lagi sangat Mulia diserata alam." (HR. Muslim dari Abi Mas'ud)

Adapun Imam Syafi'i dan para pengikutnya menganggap bahwa sholawat ini merupakan salah satu rukun shalat. Belioau menambambahkan lafal "sayyidina" untuk Nabi Muahammad SAW dan Nabi Ibrahim. Tambahan lfal sayyidina ini adalah sebagai adab, karena mengikuti sabda Rasulullah SAW : " Berdirilah kalain untuk menyebut sayyid (penghulu) kalian". Rasulullah juga pernah bersabda ditujukan kepada Sa'ad bin Mu'adz : " Aku adalah sayyid (penghulu) manusia dan tidak sombong".
Berikut adalah Lafal sholawat Ibrahimiyah yang dibaca oleh Imam Syafi'i  :


اَللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحََمَّدٍ وَعَلَى  اَلِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ كَمَا صَلَّيْتَ عَلَى سيدنا  اِبْرَهِيْمَ وَعلَى اَلِ سيدنا اِبْرَهِيْمَ  وَبَارِكْ عَلَى سيدنا مُحَمَّدٍ وَعَلَى اَلِ سيدنا مُحَمَّدٍ كَمَا بَرَكْتَ عَلَى سيدنا اِبْرَهِيْمَ وَعَلَى اَلِ اِبْرَهِيْمَ فِي الْعَالَمِيْنَ اِنَّكَ حَمِيْدٌ مَّجِيْدٌ

Artinya : "Ya Allah, limpahkanlah shalawat kepada junjungan kami, Muhammad, dan kepada keluarga junjungan kami, Muhammad, sebagaimana Engkau telah melimpahkan shalawat kepada junjungan kami Ibrahim dan keluarga Ibrahim. Berkahilah pula junjungan kami, Muhammad, dan keluarga junjungan kami. Muhammad, sebagaimana Engkau telah memberkati junjungan kami, Ibrahim, Sesungguhnya Engkau Maha terpuji lagi Maha Mulia."

Imam Suyuthi Berkata dalam Al-Hirz Al-Ma'ani : "Saya telah membaca keterangan Al-Subki yang diterimanya dari ayahnya di dalam At-Thabaqat, katanya : Sebaik-baiknya sholawat untuk di baca dalam bersholawat, ialah bunyi shalawat yang dibaca dalam tasyahud (yang dirwayatka oleh Imam Bukhari dan Muslim). Maka barang siapa membacanya, dipandangilah ia telah bershalawat dengan sempurna, karena lafadz shalawatnya sering diajarkan oelh Nabi SAW sendiri  dan yang sering disuruh untuk membacanya.

Rasulullah SAW juga pernah bersabda seperti yang diriwayatka oleh Imam Ahmad As-Shawi :

من قال هذه الصّلاة شهدت له يوم القيامة بالشّهادات وشفعت له 

Artinya :"Barang siapa yang membaca sholawat ini maka aku bersaksi baginya di harikiamat dengan kesaksian dan aku memberi syafa'at baginya". (HR. Imam Ahmad As-Shawi)

Itulah sedikit  keterangan tentang shalawat Ibrahimiyah semoga bermanfaat bagi semuanya. Wallahu A'lam.

No comments:

Post a Comment

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *