01 April 2020

Basmalah Untuk Mengawali Perbuatan Baik

Bacaan Basmalah merupakan bacaan yang dianjurkan oleh agama ketika akan memulai suatu perkara yang penting. Karena diharapkan dengan diawali dengan bacaan basmalah perkara itu dapat membawa barokah bagi yang melakukannya. Basmalah merupakan bacaan yang pertama kali dalam Al Qur'an. Nabi Muhammad SAW juga pernah mengawali surat yang ditujukan kepada raja Heraklius dengan awalan bacaan Basmalah. Oleh karena itu penting sekali kita ketika dalam melakukan sesuatu yang baik tentunya diawali terlebih dahulu dengan bacaan basmalah, agar supaya langkah yang kitakukan nanti membawa kelancaran dan kemudahan setelah diawali dengan bacaan ini.

Basmalah Untuk Mengawali Perbuatan Baik

Diantara dalil yang menyebutkan tentang keutamaan membaca basmalah adalah sebagai berikut : Dari Abu Hurairah Radliyallahu 'Anhu, Rasulullah SAW bersabda :

كًلُّ اَمْرٍ ذِيْ بَالٍ لاَ يُبْدَأُ بِبِسْمِ اللهِ  الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ فَهُوَ اَبْتَرُ

Artinya : "Setiap perkara penting yang tidak dimulai dengan "Bismillahirrahmanir Rahim" amalan tersebut terputus berkahnya" (HR. Al Khatib dalam Al Jami') 

Masalah Bacaan Basmalah ini juga pernah dilakukan oleh Nabi Sulaiman a.s ketika beliau menulis surat pada penguasa Saba'. Hal ini disebutkan dalam Al Qur'an surat An Naml ayat 30 yang artinya :
"Sesunnguhnya surat itu, dari Sulaiman dan sesungguhnya (isi)nya : "Dengan menyebut Nama Allah Yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang". (QS. An Naml : 30)

Diantara keutamaan bacaan Basmalah selain hadits di atas juga ada hadits lain :

قَالَ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ مَا مَنْ عَبْدٍ يَقُوْلُ بِسْمَ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ اِلاَّ ذَابَ الشَّيْطَانُ كَمَا يَذُوْبُ الرَّصَاصُ عَلَى النَّارِ

Artinya : "Nabi Shollallahu 'alai wasalla bersabda : Tidaklah seorang hamba mengucapkan Bismillahirrahmani Rahim terkecuali melelhkan syetan seperti melelehkannya timah diatas api."

فَالَ صلى الله عليه وسلم مَا مِن عَبْدٍ يَقُولُ بسم الله الرحمن الرحيم اِلاَّ اَمَرَ اللهُ تَعَالَى الكِرَامَ الْكَاتِبِيْنَ اَنْيَكْتُبُوْا فِى دِوَانِهِ اَرْبَعَمِعَاةِ حَسَنَةٍ

Artinya : "Nabi SAW. bersabda : "Tidaklah seorang hamba mengucaokan Bismillahirrahmanir Rahim terkecuali Allah ta'ala memerintahkan malaikat mulia sang pencatat amal agar menuliskan dalam timbangannya (catatan amalnya) 400 kebaikan".

قال صلى الله عليه و سلم مَنْ قَالَ بسم الله الرحمن الرّحيم كُتِبَ اسْمُهُ مِنَ الْاَبْرَارِ وَبَرِىءَ مِنَالْكُفْرِ وَالنِّفَاقِ

Artinya : "Nabi SAW. bersabda : "Barang siapa yang mengucapkan Bismillahirahmanir Rahim maka namanya dicatat sebagai orang baik dan dibebaskan dari sifat kufur dan nifak".

No comments:

Post a Comment

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *