11 April 2020

Dalil Tentang Anjuran Untuk Berdo'a

Dalil Tentang Anjuran Untuk Berdo'a

Berdoa termasuk merupakan suatu kewajiban dan perintah agama. hal ini seperti yang terdapat dalam dalil-dalil yang ada, baik dari Al Qur'an dan hadits Nabi Muhammad SAW. Diantara dalil-dali tersebut antara lain : 

Firman Allah :

وَقَالَ رَبُّكُمْ ادْعُوْانٍى أَسْتَجِبْ لَكُمْ اِنَّ الَّذِيْنَ يَسْتَكْبِرُوْنَ عَنْ عِبَادَتِى سَيَدْخُلُوْنَ جَهَنَّمَ دَخِرِيْنَ

Artinya : "Dan Tuhanmu berfirman : Berdo'alah kepada-Ku , niscaya akan Ku perkenankan bagimu. Sesungguhnya orang yang menyombongkan diri dari menyembah-Ku akan masuk neraka Jahannam dalam keadaan hina dina".

Hadits Nabi Muhammad SAW :

عن النّبيّ صلى الله عليه وسلّم قال الدُّعَاءُ هُوَ الْعِبَادَة  
Artinya : Dari Nabi Shollallohu 'alai wa sallam bersabda : "Do'a itu adalah ibadah". (HR. Turmudzi)

عن النَّبِي صلى الله عليه وسلم قال لَيْسَ شَيْءٌ اَكْرَمَ عَلَى اللهِ تَعَلَى مِنَ الدُّعَاءِ 

Artinya : Dari Nabi Shollallohu 'alai wa sallam : "Tidak ada yang lebih mulia dihadapan Allah selain do'a". (HR. Turmudzi dan Ibnu Majah)

قال رسول الله صلى الله عليه وسلم مَنْ سَرَّهُ اَنْ يَسْتَجِيْبَ اللهُ تَعَالى لَهُ عِنْد الشَّدَائِدِ وَالْكُرَبِ فَلْيُكْثِرْ الُّعَاءَ فِى الرَّخَاءِ 

Artinya : Rasulullah Sollallohu 'alaihi wa sallam bersabda : "Barang siapa yang keburukannya ingin disembunyikan oleh Allah ketika ia ditimpa masalah dan malapetaka maka banyaklah berdo'a dengan penuh sungguh-sungguh". (HR. Turmudzi)

No comments:

Post a Comment

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *