17 January 2022

Hikayah Hikmah Amalan Yang Bisa Dekat ke Syurga dan Jauh dari Neraka


Amalan Yang Bisa Dekat ke Syurga dan Jauh dari Neraka
majalahilmu.com

Amalan Yang Bisa Dekat Dengan Syurga dan Jauh dari Neraka

عَنْ ابِى ذَرٍّ الْغِفَارِي رضي الله تعالى عنه قَالَ قُلْتُ يَارَسُوْلَ الله عَلِّمْنِيْ عَمَلاً يُقَرِّبُنِيْ اِلَى الْجَنَّةِ وَيُبَاعِدُنِيْ مِنَ النَّارِ قَالَ اِذَا عَلِمْتَ سَيِّئَةً فَائَتْبَعْهَا حَسَنَةً قُلْتُ اَمِنَ الْحَسَنَاتِ قَوْلُ لاَاِلَهَ اِلاَّ اللهُ نَعَمْ هِيَ اَحْسَنُ الْحَسَنَاتِ

Abu Dzar meminta kepada Rasulullah, "Ajarkan aku amalan yang bisa mendekatkan aku kesyurga dan menjauhkan aku dari neraka." "Jika berbuat kejelakan, ikutilah dengan amalan kebaikan," Jawab Nabi. "Apakah kalimat LAA ILAAHA ILLALLAH termasuk amalan baik?". "Ya itulah yang terbaik," Jawab Nabi.

dari keterangan hadits di atas terdapat beberapa hikayat hikmah, diantaranya :

Kesaksian Tujuh Batu

Seorang laki-laki yang tingal di Arafah menggenggam tujuh  buah batu. Lalu berkata, "Jadilah saksi dihadapan Tuhan bahwa aku bersaksi tidak ada Tuhan kecuali Allah dan Muhammad adalah utusan-Nya." Lalu ia tidur.

Dalam tidurnya ia bermimpi seakan kiamat telah tiba. Ia ditimbang amalnya dan diputuskan masuk neraka. Malaikat segera membawanya. Ketika telah berada di pintu neraka, batu yang menjadi saksi lelaki tersebut menghalanginya..

Para Malaikta yang berugas menyiksa lalu bersatu menyingkirkan batu. Mereka tak mampu. Diputuskan untuk lewat pintu yang lain saja. Sayang, semua terhalang oleh batu. Mereka tetap tak mampu mengangkatnya. Bahkan hingga pintu neraka ke tujuh. Maka lelaki tadi dibawa menghadap Allah ke bawah Arsy. Para Malaikat mengeluh, "Tuhan, Engkau lebih tahu tentang hamba-Mu ini. Kami tak menemukan jalan untuk menjebloskan ke dalam neraka."

Allah memberikan jawaban kepada lelaki itu. "Hamba-Ku Batu-batu tadi adalah saksimu. Ia tidak menghilangkan hakmu. Bagaimana Aku akan mengabaikan hakmu yang telah mengucap Syahadat kepada-Ku.

Kepada para Malaikat Allah memberi perintah, "Masukkan hamba-Ku ini ke dalam Syurga !" Ketika di bawa ke syurga. semua pintu-pintunya menutup. Maka datanglah kesaksian kalimat LAA ILAAHA ILLALLAH yang mampu membuka pintu surga. Laki-laki itupun masuk surga.

Mengapa Hamba Bisa Masuk Neraka

Ini kisah dari Imam Mufti yang Zahid yang mendapat cerita ayahnya yang mufti. 
Suatu ketika Nabi Musa mengadu kepada Allah, " Wahai Tuhan ! Kau ciptakan makhluk dan Kau berikan kenikmatan rizki. Kau jadikan pengikutku masuk neraka."

Allah berfirman, "Bangkit dan bertanamlah, hai Musa !". 
Musa lalu bercocok tanam dan menyiraminya. Ia melakukan hal itu hingga masa panen tiba. 
"Apa yang kau dapat dengan ntanaman itu, Musa ?" tanya Allah. 
"Aku telah memanennya"
"Adalak sedikit yang tersisa ?"
"Aku tak pernah menyisakan sesuatu yang tak ada kebaikannya."
Allah berfirman, "Hai Musa ! Aku memasukkan hamba yang tak mempunyai kebaikan ke dalam neraka"
"Siapak dia ?"
"Dia adalah yang meremehkan kalimat LAA ILAAHA ILLALLAH MUHAMMADURRASULULLAH."

sumber : Mau'idzul Usfuriyah Hikayat-hikayat Hikmah berdasarkan Hadits.

No comments:

Post a Comment

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *