31 October 2019

Tanggung Jawab termasuk Akhlak Yang Terpuji

Tanggung Jawab termasuk Akhlak Yang Terpuji
Tanggung jawab adalah melaksanakan sesuatu dengan sungguh-sungguh sesuai dengan ketentuannya. Tanggung jawab menjadi bagian penting dari sifat-sifat mulia yang has dimiliki oleh seseorang. Tanpa tanggung jawab, semua jenis pekerjaan bisa saja menjadi berantakan dan tidak terlaksana. Sehingga banyak hal yang akan terbengkalai.

Karena begitu pentingnya rasa tanggung jawab yang harus dimiliki oleh setiap orang, sifat ini  harus dilatih dimulai dari sejak kecil. Tujuannya agar seseorang tersebut terbiasa melaksanakan apa yang menjadi tanggung jawabnya. tanggung jawab diajarkan mulai dari rumah dan disekolah para guru juga berusaha mengajarkan sifat ini kepada murid-muridnya.

Hal ini sesuai deng Hadits nabi Muhammad SAW :

كُلُّكُمْ رَاعٍ وَكُلُّكُمْ مَسْئُوْلٍ عَنْ رَعِيَّتِهِ 

Artinya : Setiap kalian adalah pemimpin dan setiap pemimpin passti diminta pertanggungjawaban atas kepemimpinannya (HR. Bukhari Muslim)

Tanggung jawab bisa dilaksanakn terhadap diri sendiri dan juga terhadap orang lain. Contoh tanggung jawab terhadap diri sendiri, jika kita seorang murid maka tanggung jawab kita adalah belajar dengan sungguh-sungguh. Jika menjadi seorang muslim maka harus menaati semua perintah Allah SWT dan RasulNya.

Sedangkan bentuk tanggung jawab kepada orang lain, misalnya jika dipercaya untuk menjlankan tugas, maka harus melaksanakan sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Contoh sikap tanggung jawab yang bisa dietrapkan antara lain :

Menjalankan semua kewajiban kita, baik seorang muslim, sebagi seorang anak dan seorang murid.
Melaksanakan dengan sungguh-sungguh tanggung jawab yang diberikan orang lain kepada kita.

Tanggung jawab termasuk akhlak terpuji, orang selalu bertanggung jawab pasti akan disenangi orang lain. Allah SWT menciptakan manusia untuk menjadi Khalifah dimuka bumi. Karena itulah manusia mengemban tugas yang dibebankan kepadanya. Oleh karena itu semua harus dijalankan dengan dengan penuh tanggung jawab.

No comments:

Post a Comment

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *