27 April 2020

Doa Ketika Memakai, Melepas Pakaian

Doa Ketika Memakai, Melepas Pakaian
Dalam ajaran islam dalam melaksanakan sesuatu yang baik, dianjurkan untuk membaca Basmalah terlebih dahulu, kemudian membaca do'a sesuai dengan aktifitas yang akan dilakukan. Termasuk diantaranya adalah memakai pakaian dan juga melepas pakaian yang kita kenakan. Hal itu diprintahkan agar segala sesuatu yang kita lakukan mendapatkan ridlo dari Allah SWT, termasuk berpakaian.


Doa memakai Pakaian

Adapun do'a ketika Mengenakan pakaian adalah :

اَلْحَمْدُ لِلهِ الَّذِي كَسَنِي هَذَا ( الثَّوْبِ ) وَرَزَقَنِيْهِ مِنْ غَيْرِ حَوْلٍ وَلاَ قُوَّةٍ

Artinya : "Segala puji bagi Allah yang telah memberikan pakaian ini kepadaku sebagai rizki dari pada-Nya tanpa daya dan kekuatan dari-ku"

Do'a memakai pakaian baru

Apabila kita mempunyai pakaian baru maka kita dianjurkan membaca do'a berikut :

 اَللهُمَّ لَكَ الْحَمْدُ اَنْتَ كَسَوْتَنِيْهِ ، اَسْآَلُكَ مِنْ خَيْرِهِ وَخَيْرِمَا صُنِعَ لَهُ، وَاَعُوْذُ بِكَ مِنْ شَرِّهِ وَشَرِّمَا صُنِعَ لَهُ

Artinya : "Ya Allah, hanya milik-Mu segala puji, Engkaulah yang memberi pakaian ini kepadaku. Aku mohon kepada-Muuntuk memperoleh kebaikannya dan kebaikan yang diciptakan karenanya. Aku berlindung kepada-Mu dari kejahatannya dan kejahatan yang ia cipatkan karena-nya."(HR. Abu Dawud)

Doa Melepas pakaian

Apabila kita melepaskan pakaian yang kita pakai, maka do'a yang kita baca adalah :

بِسْمِ اللهِ لاَاِلَهَ اِلاَّ هُوَ

Artinya : "Dengan nama Allah (aku meletakkan baju), tiada Tuhan selain Dia"

Demikian do'a ketika kita mengenakan pakain dan melepaskan pakaian, semoga ini bermanfaat bagi semua yang membaca artikel ini, terima kasih.

No comments:

Post a Comment

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *